Saturday, November 12, 2016

Pixel, Substitusi Ara dan HTC serta Pesaing iPhone 7

Google Pixel phone - foto: appleinsider.com
Akhirnya, Google merilis smartphone miliknya sendiri. Bukan "numpang" nama pada Nexus atau HTC atau LG. Tapi benar-benar smartphone Google sendiri bernama Pixel. Boleh dikatakan Pixel adalah substitusi Ara dan HTC secara detail. Smartphone besutan asli Google ini 'di-benchmark' premium. Namun, di pasar apakah Pixel bisa bersaing dengan iPhone 7?

Jeroan Pixel cukup mumpuni. Disematkan RAM 4 GB dan ROM 32 GB, Pixel didorong CPU Adreno 530 pada chip Snapdragon 821 dengan CPUquad-core 1,6 Ghz. Layar 5,5 inchi dengan Gorilla Glass 4 menampilkan 16 juta warna dengan kepadatan pixel 534. Kamera belakang ber-mega pixel 12 dengan kamera depan 8 MP. Dengan shutter f/2/0 cukup lumayan karena dilengkapi laser auto fokus. Fitur metal unibody dibuat splash dan dust proof. Dikabarkan fitur fast-charging bisa mengisi penuh baterai cukup 15 menit. 

Sepertinya Google Pixel adalah substitusi dari Ara phone. Ara phone adalah smartphone modular atau bongkar-pasang. User bisa memakai part atau bagian yang penting saja sesukanya, Namun project Ara phone dihentikan pada September bulan lalu tanpa alasan pasti. Persis seperti Google Glass yang terhenti di medio 2015 lalu. Selengkapnya dapat dilihat di artikel tentang Ara Phone dan Google Glass. 

Pixel sejatinya adalah hasil karya engineer HTC. Namun, HTC dengan skala produksi yang tidak banyak. Serta banyaknya keluhan user, Pixel sepertinya menjadi jalan keluar Google. Walau HTC sudah mengeluarkan debut HTC 10, namun sepertinya kalah saing dengan iPhone7. Ditambah, menurunnya saham HTC di pasar membuat HTC berada di ambang gulung tikar. Google Nexus pun sepertinya sudah usang. Dengan update Android yang cenderung lama, Pixel akan dijalankan dengan Android Nougat.

Dengan dirilisnya iPhone7, apakah Pixel bisa menjadi pesaingnya? Secara resmi, PIxel akan dirilis pada tanggal 20 Oktober nanti. Sedang Apple sudah sejak 3 bulan lalu sudah membuat promosi besar untuk iPhone7. Dalam hal promosi, Pixel sepertinya kalah saing dalam hal timing dan durasi. Namun, untuk pasar smartphone pada umumnya, kebaruan menjadi penting. Saat orang melihat banyak cela di iPhone7. Mungkin Pixel adalah jawaban untuk mendapat smartphone yang lebih baik.

Dalam video promo Pixel bahkan menyinggung iPhone7. Saat iPhone7 menghilangkan jack 3,5 mm dan membuat earbud untuk wireless audio. Pixel masih menyematkan audio jack 3,5 mm ini. Dalam bermain warna unibody, Pixel memberi opsi warna yang cukup nyleneh Really BlueQuite Silver, dan Very Black. Dan untuk harga, Pixel tidak akan lebih mahal dari iPhone7. Diprediksi kisaran Pixel akan berada di $650. Jauh di bawah iPhone7 yang berada di kisaran $1,000.

Dan bagi pengguna Android, Pixel menjanjikan kebaruan. Baik dari segi brand, OS dan spec. Namun dalam hal daya saing, apakah Pixel hanya sekadar proyek seperti Google Glass yang berhenti di tengah jalan? Kita tunggu saja.

Referensi: cnet.com | gsmarena.com | theverge.com

Salam,

Wollongong, 12 November 2016

03:00 pm
(Reblog dari Kompasiana disini)

Author:

0 Comments: